Publikasi pada: Sab, 25 Jan 2014

Abu Bakar As-Shiddiq

solusi masa depan anda
Bagikan
Bertanda

Abu Bakar (bahasa Arab: أبو بكر الصديق, Abu Bakr ash-Shiddiq) lahir pada tahun 572 M dan wafat pada 21 Jumadil Akhir 13 H/23 Agustus 634 M.

Nama asalnya ‘Abdul Ka’bah. Nama lengkapnya adalah ‘Abdullah bin ‘Utsman bin Amir bin Amr bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim bin Murrah bin Ka’ab bin Lu’ay bin Ghalib bin Fihr al-Quraishi at-Tamimi’. Nama Abdullah yang disanding oleh Abu Bakar adalah pemberian dari Rasulullah untuk menggantikan nama asalnya.

Abu Bakar ash-Shiddiq dilahirkan di kota Mekah dari keturunan Bani Tamim (At-Tamimi), sub-suku bangsa Quraisy. Beberapa sejarawan Islam mencatat ia adalah seorang pedagang, hakim dengan kedudukan tinggi, dan seorang yang terpelajar.

Nama ibunya adalah Ummu al-Khair Salma binti Shakhr bin Amir bin Ka’ab bin Sa’ad bin Taim yang berarti ayah dan ibunya sama-sama dari kabilah Bani Taim.

Umur beliau dengan Rasulullah hanya terpaut 2 tahun.

Abu Bakar termasuk orang yang pertama kali masuk Islam (As-Saabiquunal Awwaluun).

Ketika Rasulullah Saw melakukan muakhat di antara para sahabatnya, Abu Bakar as-Shiddiq dimuakhatkan dengan Kharijah bin Zaid bin Abu Zuhair, salah seorang tokoh dari Bani al-Harits bin Khazraj.[1]

[1] Riwayat Al-Baghawi dari Muhammad bin Ishaq. Lihat: Mu’jam as-Shahabat Li al-Baghawi, huruf ‘Ain.

© Copyright 2014 kangyosep, All rights Reserved. Written For: kangyosep.com
solusi masa depan anda

Tentang Penulis

- Seorang guru yang selalu menjadi murid di mana pun berada.

Tulis komentar Anda

XHTML: Anda dapat menggunakan kode html berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Goodreads

Website Apps