Publikasi pada: Ming, 29 Jul 2012

Alloh Ta’ala: Menghapus dan Menetapkan

solusi masa depan anda

يَمْحُوا اللَّهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الْكِتَابِ

“Alloh menghapus apa yang Dia kehendaki dan menetapkan [apa yang Dia kehendaki] dan di sisi-Nya terdapat Ummul Kitab [1]“. (QS ar-Ra’d [13]: 39)

Para ahli tafsir berbeda pendapat tentang maksud “menghapus” dan “menetapkan” dalam ayat ini. Alloh Ta’ala berkehendak untuk menghapus, “Apa yang Alloh hapuskan?” Dan Alloh Ta’ala berkehendak pula untuk menetapkan, “Apa pula yang Alloh tetapkan?”

Imam At-Thabari dalam tafsirnya menguraikan empat perbedaan pendapat di antara para ahli tafsir. Menurut para ahli tafsir, maksud dari ayat tersebut adalah Alloh menghapus dan menetapkan perkara sebagai berikut.

  1. Urusan-urusan hamba-Nya, kecuali kecelakaan dan kebahagiaan di akhirat kelak karena taqdir kedua perkara ini tidak berubah.
  2. Kitab Alloh, selain dari Ummul Kitab yang terdapat di Lauh al-Mahfuzh.
  3. Segala perkara, termasuk taqdir kecelakaan dan kebahagiaan di akhirat kelak.
  4. Sebagian hukum yang terdapat dalam kitab-Nya.

  5. Pendapat pertama ini didasarkan pada riwayat sebagai berikut.

    حدثنا أبو كريب قال: حدثنا بحر بن عيسى، عن ابن أبي ليلى، عن المنهال، عن سعيد بن جبير، عن ابن عباس، في قوله: (يمحو الله ما يشاء ويثبت وعنده أم الكتاب) ، قال: يدبّر الله أمرَ العباد فيمحو ما يشاءُ، إلا الشقاء والسعادة [والحياة] والموت

    Telah menceritakan kepada kami Abu Kuraib, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Bahr bin ‘Isa [2], dari Ibnu Abu Laila, dari al-Minhal, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu Abbas: Tentang firman-Nya (Alloh menghapus apa yang Dia kehendaki dan menetapkan [apa yang Dia kehendaki] dan di sisi-Nya terdapat Ummul Kitab), ia berkata: Alloh mengatur urusan hamba-hamba-Nya lalu Dia menghapus apa yang Dia kehendaki kecuali kecelakaan, kebahagiaan, kehidupan, dan kematian.

    حدثني المثنى قال: حدثنا عمرو بن عون قال: أخبرنا هشيم عن ابن أبي ليلى، عن المنهال بن عمرو، عن سعيد بن جبير، عن ابن عباس، في قوله: (يمحو الله ما يشاء ويثبت وعنده الكتاب) ، قال: يقدِّر الله أمر السَّنَة في ليلة القَدْر، إلا الشقاوة والسَّعادة والموت والحياة

    Telah menceritakan kepadaku al-Mutsanna, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin ‘Aun, ia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Husyaim dari Ibnu Abu Laila, dari al-Minhal bin ‘Amr, dari Sa’id bin Jubair, dari Ibnu Abbas: Tentang firman-Nya (Alloh menghapus apa yang Dia kehendaki dan menetapkan [apa yang Dia kehendaki] dan di sisi-Nya terdapat Ummul Kitab), ia berkata: Alloh menetapkan taqdir tahunan pada saat Lailatul Qadr, kecuali kecelakaan, kebahagiaan, kematian dan kehidupan.

Sedangkan Imam Al-Maraghi menyebutkan ada 5 perbedaan pendapat tentang maksud ayat tersebut, yaitu sebagai berikut.

  1. Alloh menghapus orang yang sudah tiba pada ajalnya dan menetapkan orang yang masih tetap hingga ajal menjemputnya. Pendapat ini merupakan pernyataan dari al-Hasan.
  2. Alloh menghapus atau menghilangkan bulan dan menetapkan matahari. Pendapat ini berasal dari perkataan Ikrimah dan As-Sudi.
  3. Alloh mengangkat ruh-ruh ketika manusia tidur. Lalu Dia mematikan orang yang Ia kehendaki. Inilah yang dimaksud dengan “menghapus”. Dan Ia mengembalikan ruh ini kepada orang yang Ia kehendaki. Inilah yang dimaksud dengan “menetapkan”. Pandangan ini berasal dari keterangan Ar-Rabi’
  4. Alloh menghapus beberapa syariat-Nya dengan cara Naskh.
  5. Alloh menghapus bencana dan musibah dengan doa yang dipersembahkan oleh orang yang bersangkutan.

————
[2] Bahr bin ‘Isa. Rawi ini tidak dikenal. Yang benar dari jalur periwayatan ini adalah Abu Kuraib menerima dari Bakar [bin Abdurrahman bin Abdullah bin ‘Isa bin Abdurrahman bin Abu Laila al-Anshari] (bukan Bahr). Bakar menerima dari ‘Isa. ‘Isa menerima dari Ibnu Abu Laila.

© Copyright 2012 kangyosep, All rights Reserved. Written For: kangyosep.com
solusi masa depan anda

Tentang Penulis

- Seorang guru yang selalu menjadi murid di mana pun berada.

Tulis komentar Anda

XHTML: Anda dapat menggunakan kode html berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Goodreads

Website Apps