Publikasi pada: Ming, 19 Jan 2014

An-Nuur; Pengantar

solusi masa depan anda
Bagikan
Bertanda

Surat an-Nuur yang terdiri dari 64 ayat diturunkan di Madinah. Kaitan antara surat ini dengan surat yang sebelumnya (Al-Mukminun), menurut uraian Imam al-Maraghi, terdiri dari dua hal yaitu tentang menjaga farji dan penciptaan manusia yang diiringi dengan adanya perintah dan larangan sebagai ketentuan sikap hidup manusia.

Dalam QS al-Mukminun, Allah Ta’ala berfirman,

وَالَّذِينَ هُمْ لِفُرُوجِهِمْ حَافِظُونَ

“Dan orang-orang yang menjaga farjinya”.

Sedangkan dalam QS an-Nuur ini, Allah Ta’ala menerangkan hukum orang yang tidak menjaga farjinya dan hukum-hukum yang berkaitan dengannya, seperti hukum Qadzaf, hukum Li’an, kisah tentang fitnah zina (haditsul ifki), perintah menundukkan pandangan karena pandangan itu sendiri merupakan faktor pendorong terjadinya zina, perintah bersikap iffah bagi orang yang belum sanggup menikah, dan larangan memaksa zina.

Pada ayat 115 surat al-Mukminun, Allah Ta’ala berfirman,

 أَفَحَسِبْتُمْ أَنَّمَا خَلَقْنَاكُمْ عَبَثًا وَأَنَّكُمْ إِلَيْنَا لَا تُرْجَعُونَ

“Maka apakah kamu mengira, bahwa sesungguhnya Kami menciptakan kamu secara main-main (saja), dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?”.

Sedangkan dalam QS an-Nuur ini, Allah Ta’ala menerangkan sejumlah perintah dan larangan sebagai petunjuk bahwa manusia diciptakan bukan untuk main-main, melainkan akan dikembalikan kepada Allah Ta’ala dengan segala konsekwensi dari segala amal dalam kehidupan dunianya.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda,

عَلِّمُوْا رِجَالَكُمْ سُوْرَةَ الْمَائِدَةِ، وَعَلِّمُوْا نِسَاءَكُمْ سُوْرَةَ النُّوْرِ

“Ajarkanlah surat al-Maidah kepada kaum laki-laki di antara kamu dan ajarkanlah surat an-Nuur kepada kaum wanita di antara kamu”. (HR Mujahid)

© Copyright 2014 kangyosep, All rights Reserved. Written For: kangyosep.com
solusi masa depan anda

Tentang Penulis

-

Seorang guru yang selalu menjadi murid di mana pun berada.

Tulis komentar Anda

XHTML: Anda dapat menggunakan kode html berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Goodreads

Website Apps