Publikasi pada: Jum, 20 Des 2013

Asal-Usul Syi’ah

solusi masa depan anda
Bagikan
Bertanda

Dalam penggunaan bahasa, biasanya digunakan dua bentuk makna; leksikal (etimologis) dan terminologis. Demikian juga dalam menelusuri makna “Syi’ah”, dapat digunakan dua bentuk makna ini dan kekhususan-kekhususannya.

Secara leksikal, syi’ah berarti pengikut, pembantu, penolong, golongan, partai.

Sedangkan menurut istilah (terminologis), Syi’ah adalah suatu kelompok yang menyandarkan pandangan keagamaannya kepada garis keturunan Ali dan Fatimah (Al-‘Itrah).

Lafadz ini telah digunakan dalam al-Qur’an di beberapa ayat dengan derivasinya yang berbeda-beda.

Di antaranya adalah ayat-ayat berikut.

QS Maryam [19]: 69

ثُمَّ لَنَنْزِعَنَّ مِنْ كُلِّ شِيعَةٍ أَيُّهُمْ أَشَدُّ عَلَى الرَّحْمَنِ عِتِيًّا

Kemudian pasti akan Kami tarik dari tiap-tiap golongan siapa di antara mereka yang sangat durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah.

Dalam ayat ini, lafadz syi’ah digunakan untuk menunjukkan golongan yang durhaka.

QS Al-Qashash [28]: 15

وَدَخَلَ الْمَدِينَةَ عَلَى حِينِ غَفْلَةٍ مِنْ أَهْلِهَا فَوَجَدَ فِيهَا رَجُلَيْنِ يَقْتَتِلَانِ هَذَا مِنْ شِيعَتِهِ وَهَذَا مِنْ عَدُوِّهِ فَاسْتَغَاثَهُ الَّذِي مِنْ شِيعَتِهِ عَلَى الَّذِي مِنْ عَدُوِّهِ فَوَكَزَهُ مُوسَى فَقَضَى عَلَيْهِ قَالَ هَذَا مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ عَدُوٌّ مُضِلٌّ مُبِينٌ

Dan Musa masuk ke kota (Memphis) ketika penduduknya sedang lengah[1115], maka didapatinya di dalam kota itu dua orang laki-laki yang berkelahi; yang seorang dari golongannya (Bani Israil) dan seorang (lagi) dari musuhnya (kaum Fir’aun). Maka orang yang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya, untuk mengalahkan orang yang dari musuhnya lalu Musa meninjunya, dan matilah musuhnya itu. Musa berkata: “Ini adalah perbuatan syaitan[1116] sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang menyesatkan lagi nyata (permusuhannya).

QS As-Shaffat: 83

وَإِنَّ مِنْ شِيعَتِهِ لَإِبْرَاهِيمَ

Dan sesungguhnya di antara golongannya adalah Ibrahim.

© Copyright 2013 kangyosep, All rights Reserved. Written For: kangyosep.com
solusi masa depan anda

Tentang Penulis

- Seorang guru yang selalu menjadi murid di mana pun berada.

Tulis komentar Anda

XHTML: Anda dapat menggunakan kode html berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Goodreads

Website Apps