Publikasi pada: Jum, 1 Jul 2016

Benarkah Syi’ah Ali Sudah Ada Sejak Zaman Rasul Saw.?

solusi masa depan anda
Bagikan
Bertanda

Melacak awal mula keberadaan Syi’ah Ali, para ahli sejarah menyampaikan beragam pandangan. Di antara mereka ada yang menyebutkan bahwa kemunculan Syi’ah Ali bermula pada saat terjadinya perang Shiffin. Sedangkan kaum Syi’ah sendiri meyakini bahwa Syi’ah Ali sudah ada sejak zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Alasan mereka bersandar pada beberapa keterangan riwayat, di antaranya sebagai berikut.

Jabir bin Abdullah mengatakan: Kami sedang bersama Nabi Saw. Tak lama kemudian Ali datang. Lalu Nabi bersabda, “Demi yang jiwaku berada di genggam-Nya, sesungguhnya ini (Ali) dan Syiahnya benar-benar orang yang menang di hari kiamat.”

As-Suyûthi juga meriwayatkan dari Ibn Abbas yang berkata, “Ketika turun ayat, ‘Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, mereka itulah sebaik-baik manusia’, Rasulullah Saw berkata kepada Ali, “Mereka adalah engkau dan Syi’ahmu.”

Berdasarkan riwayat tersebut, menurut mereka, Syiah telah ada sejak masa Rasulullah saw dan merujuk kepada kaum Muslim yang mendukung Imam Ali bin Abu Thalib ra.

Akan tetapi, riwayat-riwayat sebagaimana kutipan di atas dan riwayat-riwayat lainnya yang serupa, dalam penelusuran para ahli hadis tidak terlepas dari kedha’ifan (kelemahan) sehingga riwayat-riwayat tersebut tidak bisa dijadikan alasan atau hujjah.***

© Copyright 2016 kangyosep, All rights Reserved. Written For: kangyosep.com
solusi masa depan anda

Tentang Penulis

-

Seorang guru yang selalu menjadi murid di mana pun berada.

Tulis komentar Anda

XHTML: Anda dapat menggunakan kode html berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Goodreads

Website Apps