Publikasi pada: Kam, 9 Mei 2013

MayDay; Konsep Illuminati Buat Kaum Buruh

solusi masa depan anda

1 Mei 1776, sebuah perkumpulan persaudaraan rahasia didirikan. Pengagasnya adalah Adam Weishaupt. Nama kelompok ini adalah Illuminati

Nama kelompok ini terbongkar sejak diterbitkannya karya fiksi ilmiah postmodern berjudul The Illuminatus! Trilogy (1975-7) karya Robert Shea dan Robert Anton Wilson. Nama Illuminati banyak digunakan untuk menunjukkan organisasi persekongkolan yang dipercaya mendalangi dan mengendalikan berbagai peristiwa di dunia melalui pemerintah dan korporasi untuk mendirikan Tatanan Dunia Baru.

Gerakan ini didirikan dengan nama Ordo Illuminati, dengan anggota awalnya sebanyak lima orang, dipelopori oleh Adam Weishaupt. Dia adalah profesor hukum kanon di Universitas Ingolstadt. Kelompok ini terdiri dari para pemikir bebas dan mencontoh gerakan orang-orang Yahudi, Freemason. Anggota Illuminati melakukan sumpah rahasia dan berikrar untuk mengabdi kepada atasan mereka. Anggotanya dibagi menjadi tiga kelas, masing-masing dengan beberapa tingkatan, dan banyak cabang Illuminati menarik orang-orang terkenal Yahudi yang kemudian menjadi penguasa di beberapa negara di dunia.

Pada awalnya Weishaupt berencana bahwa kelompok itu akan dinamai “Perfectibilists”. Kelompok itu juga disebut Illuminati Bavaria dan ideologinya disebut “Illuminisme”. Banyak intelektualis dan politisi progresif terkenal yang menjadi anggotanya. Organisasi ini memiliki cabang di banyak negara di Eropa. Dilaporkan bahwa ada sekitar 2.000 anggota dalam kurun waktu 10 tahun berhasil direkrut Illuminati.

maydayHari kelahiran Illuminati sendiri ditetapkan setelah Weishaupt selesai menyusun buku yang berjudul The Novus Ordo Seclorum yang berisi konsep-konsep, doktrin, serta teori tentang pemerintahan global.  Sebagai penghormatan terhadap dirinya, tanggal 1 Mei dijadikan sebagai hari perayaan buruh di seluruh dunia.

Pemikiran Weishaupt dikembangkan pula pada pola pemikiran filosof Friedrich W Nietzsche yang mengkampanyekan slogan “God is dead!” sebagai salah satu bentuk serangan terhadap agama Kristen.

Keanggotaan Illuminati sangat selektif, yaitu semua anggotanya berkualifikasi sampai ke tingkat atas yang didasarkan pada keunggulan fisik dan intelektual. Para anggotanya terdiri atas orang-orang penting di pemerintahan, para ahli keuangan yang mampu mengendalikan sistem perekonomian seluruh negara.

Gerakan Iluminati akhirnya berkembang dikarenakan dukungan dari keluarga Rothchild.  Keluarga ini merupakan tokoh perbankan yang sangat dominan di Jerman dan disebut sebagai dinasti, karena keturunannya memegang jaringan kerajaan dunia perbankan di Eropa.

Saat ini, Illuminati sudah memasuki seluruh kehidupan peradaban bangsa di dunia. Dia melakukan kendali politik dari jarak jauh. Mengadu domba antara rakyat dan pemerintahnya. Semuanya itu dilakukannya dalam rangka melemahkan bangsa tersebut agar menjadi budak “dunia baru” yang dicita-citakannya.

Beberapa negara menjadikan May Day sebagai hari libur dan wisatawan bisa melihat tradisi yang berbeda seperti melakukan pawai dan kegiatan massa lainnya.

Tiap negara punya sejarah dan latar belakang berbeda terkait buruh. Tak heran, Hari Buruh alias May Day atau Labour Day dirayakan oleh banyak negara di dunia. Setidaknya ada 80 negara yang merayakan Hari Buruh, banyak di antaranya yang meliburkan pekerjanya.

Dari Eropa, Asia, Amerika hingga Afrika, negara-negara ini merayakan Hari Buruh dengan beragam cara. Di Benua Amerika, negara-negara yang menjadikan May Day sebagai hari libur nasional antara lain Argentina, Kuba, Brazil, Chile, Colombia, Costa Rica, Ecuador, El Salvador, Guatemala, Meksiko, Panama, Peru, Uruguay, dan Venezuela.

May Day di Argentina dimulai pada 1890, tepatnya di Buenos Aires. Namun, May Day ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak pemerintahan Presiden Hipolito Yrigoyen asal Partai Demokrat pada 1930. Selain Buenos Aires, hingga saat ini May Day dirayakan di beberapa kota besar seantero Argentina.

May Day adalah salah satu hari terpenting di Kuba. Di sini May Day disebut sebagai ‘el dia del trabajo’. Ribuan buruh berdemo di kota-kota besar seperti Havana dan Santiago de Cuba. Pada 2011, perwakilan buruh dari 73 negara dan 167 organisasi sosial dari seluruh dunia ikut dalam demonstrasi ini.

Di Benua Asia, beberapa negara yang meliburkan para pekerja saat May Day yaitu Bangladesh, Kamboja, Hong Kong, Irak, Myanmar, Nepal, Pakistan, Singapura, Filipina, Sri Lanka, Jepang, Syria, Taiwan, Thailand, Korea Utara, Vietnam, dan Singapura. Beberapa negara seperti Iran dan Korea Selatan juga merayakan May Day, namun para pekerja tidak diliburkan.

Melansir dari National Post, Rabu (1/5/2013), Taiwan adalah salah satu negara yang berdemo saat Hari Buruh. Tahun lalu, sekitar 2.000 buruh berdemo di Taipei untuk meminta kenaikan gaji dan aspek keselamatan saat kerja. Lain halnya dengan di Jepang, tak banyak buruh yang berdemo. Hari libur ini digunakan murni sebagai hari libur, warga pun menikmatinya.

Beralih ke Eropa, beberapa negara besar yang meliburkan pekerjanya saat May Day adalah Jerman, Rusia, Turki, dan Inggris. Hari Buruh dirayakan di Jerman sejak tahun 1933, dan pasca Perang Dunia II, wilayah Jerman Barat dan Jerman Timur juga meliburkan pekerjanya.

Saat ini, demonstrasi dan selebrasi dilakukan oleh beberapa organisasi buruh independen di seluruh Jerman. Meski Berlin jadi kota yang paling ramai demonstrasinya, kota-kota lain seperti Perchting juga punya tradisi tersendiri yang berasal dari abad ke-16. Para pria mengenakan baju Bavarian dan mengangkat tiang berwarna biru-putih.

Di Rusia, May Day dirayakan secara ilegal sebelum tahun 1917. May Day menjadi hari libur penting bagi warga negara Uni Soviet, dirayakan dengan pawai di beberapa kota besar. Pusatnya adalah Red Square di Moskow. Sejak 1992, Hari Libur disebut “The Day of Spring and Labour”.

Turki adalah salah satu negara yang punya sejarah kelam terkait buruh. Pada tahun 1977, terjadi Taksim Square Massacre di pusat Kota Istanbul. Saat para buruh sedang demo, sekelompok aktivis tak dikenal menembak kerumunan dari berbagai arah. Tahun-tahun selanjutnya, ada saja buruh yang meninggal akibat bentrok dengan polisi. May Day tahun lalu, puluhan ribu buruh berkumpul di Taksim Square untuk mengenang tragedi tersebut. Mereka mengenakan syal merah di leher.

Beberapa negara lain di Eropa yang meliburkan pekerjanya saat May Day adalah Austria, Belgia, Bulgaria, Kroasia, Republik Ceko, Finlandia, Prancis, Norwegia, Romania, dan Inggris. Sementara di Benua Afrika, negara-negara yang meliburkan pekerjanya adalah Mesir, Kenya, Libya, Maroko, Afrika Selatan, Tanzania, dan Tunisia.

Di Negeri Paman Sam yakni AS, Hari Buruh telah berganti nama dari Americazination Day, Loyalty Day, lalu menjadi Law Day. Sampai saat ini, tiap tahunnya ratusan ribu buruh berdemo di Union Square, New York. Beberapa kota besar lain yang jadi pusat demo May Day adalah Chicago dan Seattle.

Ironisnya, mulai 2014, di Indonesia hari kelahiran Illuminati yang bersamaan dengan hari buruh ‘Mayday’  akan menjadi hari libur nasional. (dari berbagai sumber)

© Copyright 2013 kangyosep, All rights Reserved. Written For: kangyosep.com
solusi masa depan anda

Tentang Penulis

- Seorang guru yang selalu menjadi murid di mana pun berada.

Tulis komentar Anda

XHTML: Anda dapat menggunakan kode html berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Goodreads

Website Apps