Publikasi pada: Sel, 8 Jul 2014

Ramadhan Lebih Bermakna

solusi masa depan anda
Bagikan
Bertanda

Jika menggunakan metode perbandingan, ibadah di bulan Ramadhan merupakan ibadah yang paling lama dibanding dengan ibadah-ibadah lainnya seperti shalat, zakat, haji, dan yang lainnya. Salah satu ukurannya adalah batas waktu shaum dimulai pada saat fajar kedua hingga terbenamnya matahari sebagai tanda datangnya waktu Maghrib. Pada saat-saat itulah, segala aktivitas kita tercakup dalam makna sebuah ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Namun demikian, tak jarang pula orang yang tidak memanfaatkan momen-momen ini dengan melakukan sesuatu yang dapat merusak pahala shaum.

قَالَ رسولُ الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم منْ لَمْ يَدَعْ قَوْلَ الزُّورِ والْعَمَلَ بِهِ فَلَيْسَ لله حَاجَةٌ فِي أنْ يَدَعَ طَعَامَهُ وشَرَابَهُ

Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang tidak meninggalkan ucapan-ucapan al-zur dan amalan-amalan al-zur tersebut, maka Allah tidak membutuhkan dia untuk meninggalkan makan dan minum (shaum)”. (HS al-Bukhari, Nomor Hadis 3091 )

Imam al-‘Aini, dalam kitab syarahnya ‘Umdat al-Qari (Jilid X hal. 275), menerangkan bahwa yang dimaksud dengan ucapan al-zur adalah ucapan dusta, berpaling dari al-haq (kebenaran), amalan bathil dan tuduhan palsu. Sedangkan yang dimaksud dengan amalan-amalan al-zur adalah adanya tuntutan untuk mengamalkan suatu perbuatan yang dilarang oleh Allah Ta’ala.

© Copyright 2014 kangyosep, All rights Reserved. Written For: kangyosep.com
solusi masa depan anda

Tentang Penulis

-

Seorang guru yang selalu menjadi murid di mana pun berada.

Tulis komentar Anda

XHTML: Anda dapat menggunakan kode html berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Goodreads

Website Apps