Publikasi pada: Sen, 17 Mar 2014

Sanggul

solusi masa depan anda
Bagikan
Bertanda

Bagaimana hukum sanggul?

Jawab:

Sanggul disebut juga konde adalah penyambungan rambut dengan rambut lain berupa konde atau wig. Dalam istilah hadis, sanggul ini disebut al-mustaushilah yang dikategorikan sebagai hukum haram melalui lafadz pelaknatan sebagaimana dalam hadis berikut.

حَدَّثَنِي مُحَمَّدٌ، حَدَّثَنَا عَبْدَةُ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ: لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الوَاصِلَةَ وَالمُسْتَوْصِلَةَ، وَالوَاشِمَةَ وَالمُسْتَوْشِمَةَ

Telah menceritakan kepadaku Muhammad; telah menceritakan kepada kami ‘Abdah; dari Ubaidullah; dari Nafi’; dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah melaknat orang yang menyambung (rambut) dan orang yang meminta disambung rambutnya”. (HR al-Bukhari, Kitab al-Libas, Bab al-Maushulah)

Dalam hal sanggul di kepala ini, ada juga hadis yang berbunyi,

حَدَّثَنِي زُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ، حَدَّثَنَا جَرِيرٌ، عَنْ سُهَيْلٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا، قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ، وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلَاتٌ مَائِلَاتٌ، رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ، لَا يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ، وَلَا يَجِدْنَ رِيحَهَا، وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb; telah menceritakan kepada kami Jarir; dari Suhail; dari bapaknya; dari Abu Hurairah; ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda: “Dua golongan penghuni neraka, yang aku sendiri belum pernah melihat keadaan mereka (di dunia); golongan yang membawa cemeti seperti seekor lembu lalu menggunakannya untuk memukul manusia dan juga kaum wanita yang berpakaian, yang bertelanjang, yang menggoyangkan badan dan berlenggang-lenggok, kepala mereka seperti bonggol di kepala unta yang bergoyang-goyang. Mereka tidak akan memasuki surga dan tidak dapat mencium wanginya. Padahal sesungguhnya wangi surga itu bisa diperoleh (dihirup) dari jarak perjalanan begini dan begini”. (HR Muslim. Hadis no 2129)

Dalam Musnad Ahmad, riwayat dari Abdullah bin ‘Amr ada tambahan kalimat, “Laknatlah mereka karena sesungguhnya mereka itu wanita yang terlaknat”.

Imam an-Nawawi, dalam Syarh Shahih Muslim, menjelaskan beberapa makna dari lafadz-lafadz dalam hadis tersebut. Kasiyat (berpakaian) artinya berpakaian dari nikmat-nikmat Allah Ta’ala. Ariyat (bertelanjang), ada yang menyebutkan bahwa maknanya adalah bertelanjang dari rasa syukur atas nikmat-Nya (tidak bersyukur), ada juga yang menyatakan bahwa maksud lafadz tersebut adalah wanita yang menutup sebagian badannya dan membuka sebagiannya lagi untuk menampakkan keadaannya atau yang semisalnya (seperti kecantikan dan keelokan tubuh), dan ada juga yang menegaskan bahwa wanita itu memakai pakaian tipis sehingga nampak warna tubuhnya. Dengan keadaan ini, maka wanita itu secara zhahirnya berpakaian tetapi secara hakikinya bertelanjang. Mumilat artinya mengajarkan kemaksiatan kepada orang lain dan menjerumuskan mereka ke dalamnya. Mailat artinya (menghindari) ketaatan kepada Allah dan tidak menjaga farjinya.

Ibnu al-Asir menerangkan bahwa wanita-wanita ini adalah wanita yang berkerudung dengan suatu tutup kepala yang berukuran besar dan merupakan tanda untuk memamerkan kekayaan.

Hadis ini mengisyaratkan perilaku wanita yang suka memamerkan keelokan atau keadaan tubuhnya dengan menggunakan mode-mode tertentu untuk membuat laki-laki tertarik kepada dirinya sehingga dapat menimbulkan tindakan kemaksiatan.***

 

© Copyright 2014 kangyosep, All rights Reserved. Written For: kangyosep.com
solusi masa depan anda

Tentang Penulis

-

Seorang guru yang selalu menjadi murid di mana pun berada.

Tulis komentar Anda

XHTML: Anda dapat menggunakan kode html berikut: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Goodreads

Website Apps